Tinggi Badan Anda: cm
Berat Badan Anda: kg
Hasil:
Silahkan mengukur Indeks Masa Tubuh Anda 100%Gratis
JUDUL KTI TERBARU KLIK DI SINI

Definisi dalam Statistik

  1. Data: Adalah bentuk jamak dari datum, yang dapat diartikan sebagai informasi yang diterima yang bentuknya dapat berupa, angka, kata-kata, atau dalam bentuk lisan dan tulisan lainnya.
  2. Data Primer: Adalah Data yang diperoleh secara langsung dari objek yang diteliti, baik dari objek individual (responden) maupun dari suatu instansi yang mengolah data untuk keperluan dirinya sendiri,
  3. Data Sekunder: Adalah Data yang diperoleh secara tidak langsung untuk mendapatkan informasi (keterangan) dari objek yang diteliti, biasanya data tersebut diperoleh dari tangan kedua baik dari objek secara individual (responden) maupun dari suatu badan (instansi) yang dengan sengaja melakukan pengumpulan data dari instansi-instansi atau badan lainnya untuk keperluan penelitian dari para pengguna. Badan yang biasa mengumpulkan data tersebut antara lain BPS (Badan Pusat Statistik), misal data mengenai laju inflasi, Perkembangan Pembangunan suatu wilayah, Statistik Penduduk, Statistik Ekonomi, Statistik Pertanian, data tingkat kemajuan pembangunan suatu daerah yang diperoleh dari BAPPEDA setempat, dan sebagainya.
  4. Data Tersier: Adalah: Data yang diperoleh secara tidak langsung dari objek yang diteliti, biasanya data tersebut diperoleh dari pihak ketiga, baik dari objek secara individual (responden) maupun dari suatu Badan yang secara sengaja mengungkapkan fakta kepada pihak kedua untuk kemudian pihak kedua tersebut mengeksploitasi fakta dimaksud pada media masa atau media lainnya, untuk kemudian data (fakta) tersebut digunakan kembali oleh sipeneliti sebagai acuan dalam penulisannya.
  5. Data Internal: Yaitu data yang menggambarkan keadaan dalam suatu organisasi (suatu Badan)
  6. Data Eksternal : Yaitu data yang diperoleh dari luar untuk keperluan suatu instansi (lembaga) tersebu
  7. Populasi, yaitu sekumpulan objek yang akan dijadikan sebagai bahan penelitian (penelaahan) dengan ciri mempunyai karakteristik yang sama.
  8. Sampel, yaitu bagian dari populasi (contoh), untuk dijadikan sebagai bahan penelaahan dengan harapan contoh yang diambil dari populasi tersebut dapat mewakili (representative) terhadap populasinya.
  9. Random sampel (sampel acak), yaitu penentuan sampel-sampel secara acak dengan tidak melakukan pemilihan terhadap sampel yang akan diuji (diteliti).
  10. Statistika, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang cara-cara pengumpulan fakta, pengolahan serta analisis pembuatan keputusan dan penarikan kesimpulan yang cukup beralasan berdasarkan fakta dan pengolahan data yang dilakukan.
  11. Statistik, yaitu hasil dari olahan data yang disajikan dalam bentuk diagram, tabel-tabel, serta lainnya atau dapat juga dikatakan sebagai istilah yang dipakai untuk menyatakan kumpulan fakta.
  12. Skala Nominal: Merupakan skala (ukuran) untuk menyatakan informasi atau keterangan dalam bentuk jawaban yang benar secara tertutup dari dua pilihan atau lebih, untuk kemudian dijadikan sebagai bahan analisis data, seperti : Pernyataan jawaban Ya atau Tidak, Siang atau Malam, Laki-laki atau perempuan, asal daerah (Jawa, Bali, Kalimantan atau lainnya), status perkawinan (kawin/tidak kawin), status pendidikan (SD, SLTP, SLTA, D1, D3, S1, S2, atau S3), agama yang dianut oleh responden ( Islam, Katolik, Kristen, Budha, Hindu) dan lain sebagainya.
  13. Skala Ordinal: Yaitu skala (ukuran) yang diartikan sebagai urutan simbol atau kode berupa angka dan mempunyai arti urutan jenjang bisa dimulai dari yang paling negatip sampai yang paling positif
  14. Skala Interval: Adalah merupakan ukuran yang dibatasi pada interval tertentu, yang termasuk pada skala ini antara lain, ukuran kelembaban udara, suhu badan pada skala Fahrenheit, Celsius, dan Reamur. Ukuran tekanan udara, dan lainnya pada ukuran (skala interval) ini mempunyai aturan skala yang berbeda berdasarkan letak dan jarak serta kondisinya.
  15. Skala Rasio: Adalah fakta dalam bentuk angka atau bilangan berdasarkan hasil perbandingan (angka relatif), dalam hal ini skala rasio tidak dimulai dari angka nol dan ditentukan berdasarkan konsep kesebandingan (tidak sembarang)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS